Peluang Usaha Parfum Isi Ulang (Panduan Bagi Pemula)

parfum
Bisnis parfum isi ulang – Salah satu peluang usaha yang kini mulai banyak peminatnya yakni usaha parfum, bayak orang-orang memanfaatkan peluang usaha ini karena memang menggiurkan dan jarang sepi dari pembeli, saya sering melihat toko-toko yang menjual parfum selalu ramai dengan para konsumenya yang kebanyakan disukai orang kaum remaja, apalagi tempat jualanya berada di dekat kampus atau sebagainya, pasti bakal ramai. Tubuh yang wangi dan penampilan yang menarik adalah modal utama yang akan mempercantik penampilan. Dengan menggunakan parfum yang wangi dan sesuai dengan keinginan anda, kecantikan akan dengan sendirinya terpancar dari dalam diri anda.

Apa sih yang dimaksud parfum isi ulang?
Parfum isi ulang adalah parfum yang diracik secara langsung dengan menggunakan bibit pewangi tertentu yang disesuaikan dengan keinginan, sifat, aktifitas, si pengguna-nya.
Adapun jenis item dari parfum isi ulang sangatlah banyak.
Jadi jika Anda ingin membuka usaha parfum isi ulang maka nantinya Anda hanya menjual aroma dan kualitas dari parfum isi ulang ini.
Jika anda mencari merk parfum di toko parfum isi ulang anda tidak akan pernah mendapatkannya. Tetapi jika anda mencari aroma yang menyerupai dengan aroma parfum merk tertentu mungkin anda bisa mendapatkannya.
Saat ini sudah banyak orang yang menyadari tentang kebutuhan akan minyak wangi mulai mencoba membuka suatu bisnis parfum isi ulang yang bisa menjadi solusi bagi yang ingin mencoba berbagai macam wewangian yang ada.
Usaha semacam ini akan sangat membantu para wanita untuk menemukan wangi yang paling tepat dengan mereka.


Kita dapat mengisi ulang parfum atau wewangian yang mereka gunakan dengan lebih mudah karena saat ini semakin banyak toko – toko yang menyediakan isi ulang untuk parfum – parfum yang wangi. Dengan menggunakan racikan bahan yang berkualitas, para pengusaha parfum isi ulang ini selalu mencoba menyediakan wangi yang menarik untuk para wanita modern yang menjadi pelanggan mereka.


Setiap wewangian yang tersedia di dalam toko isi ulang ini terbuat dari bahan – bahan alami dan dibuat dengan proses yang berteknologi tinggi pula. Parfum ini akan membuat para pembelinya semakin percaya diri untuk tampil di depan public.
Para pengusaha biasanya akan menyewa suatu toko sederhana untuk menggelar dagangannya dan menunggu para pelanggan untuk datang. Baik itu di minimarket, mall atau di daerah-daerah strategis lainnya


Usaha ini dapat mendatangkan keuntungan yang cukup banyak karena kebanyakan parfum atau bibit parfum yang tersedia dengan harga yang tidak terlalu mahal.
Untuk meracik wangi yang menarik, anda harus bisa merasakan wewangian yang ada dan menggabungkannya menjadi produk parfum isi ulang yang dapat menarik perhatian para pelanggan. Wangi yang menarik akan membuat para pelanggan puas dengan produk parfum anda.


Untuk memulai menjalankan usaha parfum isi ulang ini cukup mudah, Anda bisa memulainya dengan modal usaha sekitar Rp. 5. 000.000,- sd Rp. 10.000.000,- di luar biaya kontrak tahunan


Biasanya pengeluaran terbesar karena untuk pembelian bibit parfum dengan jumlah banyak, karena dengan demikian Anda memiliki banyak varian jenis parfum yang dijual
Ada 4 hal penting menurut saya yang harus Anda pikirkan karena 4 hal ini merupakan tips sukses jika Anda ingin usaha parfum isi ulang Anda laku

  1. Menentukan lokasi untuk menjual parfum
  2. Menata botol-botol parfum pada rak pajangan untuk menarik perhatian pembeli
  3. Harus memiliki pegawai yang mempunyai kemampuan dalam mercik parfum
  4. Lakukan promosi dari mulut ke mulut dengan memberikan penawaran-penawaran sensasional/discont/bonus/membership, dll
Nah sekarang ada beberapa tips jika Anda ingin membeli parfum (sebagai pembeli) di toko parfum isi ulang:
1. Anda harus melihat kebersihan toko parfum isi ulangnya dulu.
Toko yang bersih dan rapih akan lebih meyakinkan bahwa toko tersebut adalah toko parfum yang lebih fokus pada produk-produk yang mereka jual. Karyawan yang bersih (memakai seragam) dan juga produk knowledge yang baik dari karyawan ketika Anda ingin bertanya tentang beberapa jenis parfum tertentu


2. Coba anda tanyakan campuran apa saja yang digunakan untuk produk parfum isi ulang yang mereka jual.
Standar yang digunakan adalah sebaiknya alcohol 96% lalu dicampur dengan bibit parfum.
Ada juga beberapa toko parfum isi ulang yang besar yang menggunakan standar campuran Alkohol Denat 96%+Fixative dan Stabilizer lalu dicampurkan dengan Bibit.
Standar yang satu ini jauh lebih bagus kualitasnya dengan standar yang pertama karena campuran-campuran tersebut meliputi alkohol yang terbuat secara alami (Denat) lalu ditambahkan dengan penguat (Fixative) agar parfum lebih tahan lama nantinya lalu ditambahkan dengan penyeimbang (Stabilizer) untuk mempercepat dan menyeimbangkan proses pencampuran bibit dengan alkohol nantinya.


3. Anda juga berhak menanyakan juga apakah campuran parfum-nya menggunakan methanol atauSolvent/Solviol.
Kedua cairan kimia ini sangat tidak disarankan untuk digunakan pada campuran Parfum isi ulang karena kedua cairan tersebut dapat menimbulkan iritasi pada kulit (jika digunakan secara langsung). Terlebih Solviol, jika terkena dikulit secara langsung bisa menimbulkan bercak merah dan juga gatal-gatal (bagi yang kulitnya sensitif).
Parfum Isi Ulang yang menggunakan campuran Solviol dan Methanol lebih berpeluang besar meninggalkan bercak atau noda pada pakaian dan wangi dari parfumnya hanya sebentar atau tidak tahan lama.
Pedagang parfum isi ulang yang menggunakan kedua cairan ini beralasan karena harga methanol jauh lebih murah dibandingkan dengan alkohol dan solvent / solviol dapat melipatgandakan margin harga jual mereka.


4. Tanyakan apakah ada garansi.
Sehingga jika kita merasa kurang puas terhadap kualitas parfumnya kita dapat komplainatau minta ganti jenis parfum lainnya


5. Setelah membeli parfum isi ulang, hal pertama yang bisa kita lakukan adalah biasakan untuk menyimpan parfum isi ulang yang baru kita beli didalam Freezer (ruang pembeku pada kulkas). Standarnya antara 8 – 12 jam.
Hal ini dilakukan agar proses pencampuran antara bibit & alkohol semakin cepat dan akan berpengaruh juga kepada ketahanan parfum tersebut pada saat kita gunakan atau bahasa trend nya parfum akan lebih long-lasting.